Selasa, 16 Februari 2010

SCHOOL OF LIFE [Berguru pada kehidupan]



JUDUL BUKU : SCHOOL OF LIFE [Berguru pada kehidupan]

Penulis : Bayu Gawtama

Penerbit : Hikmah (PT. Mizan Publika)

Cetakan : Januari

Presensi : Abu Mufidah


Belajar tidak mengenal batasan usia, siapapun dimanapun, dan sampai kapanpun kita harus senantiasa belajar dan terus belajar dalam hidup ini. Karena kehidupan terasa berjalan dengan segala dinamika yang menyertainya. Memilih dan memilah adalah langkah yang amat bijak dalam hal belajar. Karena dengan terus belajar maka kita sama saja dengan mengasah diri, menggali informasi, menggali makna-makna dalam hidup, ini akan lebih mudah memilah dalam setiap langkahnya untuk lebih mempunyai nilai yang luhur.

Kehidupan adalah laksana guru diatas guru, yang menerjemahkan bahasanya kedalam Alam semesta ini, untuk dapat di mengerti oleh insan-insan yang penuh pengharapan akan kasih Ilahi. Kehidupan mengajarakan bahwa ternyata ada campurtangan Allah dalam setiap sisi kehidupan ini. Tangan-tangan Allah-lah yang bermain di setiap sudut jalan, di setiap perputaran waktu, siang maupun malam. Bahwa Allah menghantarkan berbagai macam kesempatan bagi setiap insan untuk berbuat kebaikan dan pengabdian padaNya.

Sayangnya, hanya sedikit dari kita yang bisa mengerti akan kehidupan ini, hanya sedikit yang bisa menangkap nasihat-nasihat sang guru kehidupan ini. Kita terlalu sibuk dan malas untuk berhenti sejenak, menatap alam ini dengan penuh kesadaran dan penghambaan padaNya. kita terlalu sibuk dan tidak ingin mengerti akan kehidupan ini, kita jarang merenungi setiap helaan nafas kehidupan ini.

Buku ini mengajak kita semua untuk memaknai indahnya hidup dengan sebenarnya, karena kitalah yang bisa menikmati hidup ini dengan penuh rasa syukur dan pengabdian pada sang pencipta. Kalau kita bandingan denga orang yang kehilangan akal, kita masih bersyukur bisa menikmati semilir angin pagi, masih bisa menikmati kesejukan air yang kita teguk, dan masih bisa mengunyah makanan dengan sadar.

Buku yang ditulis Bayu Gautama sarat penuh makna dan renungan. Kisah-kisahnya menginspirasi dan membuncah jiwa, memenuhi relung-relung ding-ding jiwa. Akankah kita begitu saja meninggalkan kehidupan yang Allah sediakan bagi kita. Akankah hidup kita biasa-biasa saja seperti orang umum yang ada di sekitar kita. mestinya kita harus menjadi orang yang di luar standar itu, karena kita telah mengetahui hakikat hidup yang harus kita jalani dengan sepenuh hati dan sekuat upaya, dengan bersandarkan pada petujuk sang Maha kuasa.

Buku ini memberikan renungan cerdas tentang nilai-nilai kehidupan yang berserakan di seputar kita. Kita terlalu pokus pada nafsu duniawi dan keinginan-keinginan kita, sehingga hal-hal yang kecil luput dari pandangan kita. Padahal di sekitar kita ada banyak yang harus kita syukuri dan renungkan maknanya.

Dengan membaca buku ini, Hidup kita akan semakin bernilai dan cerdas sekaligus bijaksana memaknai hidup yang penuh tantangan ini. Segera buka hati dan mata kita, telinga kita dan kemampuan kita untuk memaknai hidup dan kehidupan ini. agar hidup kita lebih bahagia dan bermakna.

Buku ini enak untuk di baca, renyah bahasanya dan mudah di pahami. Meskipun materinya tidak terpaku pada waktu maupun pelaku, tetapi kesan awal saya membaca buku ini sangat menyenagkan. Terkadang ia berbicara tentag cerita masa lalu. Tapi dibagian lain, ia berbicara tentang masa kini yang penuh inspirasi. Namun apapun materi ceritanya, tetap semua cerita tersebut sungguh menginspirasi dan banyak menuangkan pesan-pesan Akhlak dan spiritual.

Mengunggah sekali, itu kesannya setelah membaca buku ini. saya yakin Anda akan penuh rasa syukur setelah membaca buku ini, karena pengalan-pengalan kisah perjalanan hidupi ini penuh dengan makna, pengabdian, cinta, kedamaian dan keindahan akan hidup. Karena buku ini saya rekomendasikan pada Anda, Insya Allah buku ini bisa mengubah kehidupan siapapun yang membacanya menjadi lebih baik.

SELAMAT MEMBACA BUKUNYA......

Tidak ada komentar: